Penyebab Internet Lemot, Ketahui Sekarang Juga

·

Penyebab internet lemot dikarenakan berbagai hal dan mungkin ada dari anda yang belum mengetahui apa saja penyebabnya. Hadirnya internet begitu memudahkan kita dalam mendapatkan informasi, bekerja, belajar, dan lain sebagainya. Namun sayangnya internet juga terkadang mengalami gangguan seperti lemot.

Penyebab Internet Lemot

Setiap pengguna internet pastinya pernah mengalami hal ini ya. Internet lemot sangat menghambat aktivitas kita sebagai pengguna. Pekerjaan pun jadi terhambat karena internet yang mengalami lemot ini. Biasanya orang-orang beranggapan bahwa internet lemot karena cuaca yang sedang tidak bersahabat, tapi nyatanya masih ada penyebab internet lemot lainnya.

Nah, di bawah ini ada tiga faktor penyebab internet lemot yang bisa anda ketahui, di antaranya sebagai berikut:

1. Karena Pihak Ketiga

Pihak ketiga bisa menjadi salah satu penyebab mengapa internet anda jadi lemot. Sebagai contoh ada layanan dari aplikasi maupun situs yang sedang anda pakai. Biasanya suatu aplikasi yang berjalan memakai server, jika secara tiba-tiba internet di perangkat anda jadi lemot karena membuka suatu aplikasi, bisa jadi disebabkan server aplikasi yang sedang overload.

Tapi anda juga perlu tahu bahwa penyebab internet lemot yang satu ini tidak terjadi di semua aplikasi ya, karena masih banyak aplikasi yang jika dijalankan tidak membuat internet lemot. Ada saatnya internet mengalami lemot karena satu atau dua aplikasi, seperti saat anda membuka aplikasi A dan B internet jadi lemot, namun jika membuka aplikasi C internet kembali lancar.

Penyebab dari hal tersebut adalah aplikasi A dan B yang overload atau penuh. Bukan hanya kapasitas dari server third-party saja yang berpengaruh, karena lokasi server pun begitu mempengaruhi pengiriman data.

2. Faktor Operator

Untuk penyebab internet lemot yang satu ini pastinya sudah banyak orang yang mengetahuinya ya. Karena pemilihan operator juga mempunyai peranan besar dengan kelancaran jaringan internet di perangkat anda.

Untuk mengetahui kualitas dari jaringan internet operator yang digunakan, anda dapat mengukurnya di beberapa aplikasi seperti Open Signal atau Speed Test. Tapi tak jarang hasil dari pengujian tersebut menunjukkan kecepatan internet anda dalam kondisi baik. Jika hal tersebut terjadi namun internet anda masih lemot, bisa disebabkan oleh hal lain.

3. Faktor Pengguna

Dan penyebab internet lemot yang terakhir adalah faktor pengguna, ini artinya penggunaan anda yang perlu dilakukan pengecekkan. Bisa saja internet lemot karena lokasi yang kurang memadai. Karena faktor lokasi juga begitu menentukan kelancaran internet.

Kecepatan internet bisa terganggu kalau posisi anda saat ini sedang terhalang gedung-gedung tinggi, atau lokasi rumah yang banyak pohon-pohon besar.  Tidak hanya itu saja, faktor penggunaan perangkat juga mempengaruhi lho, karena usia smartphone juga mempengaruhi kelancaran internet. Modem chip dalam smartphone jika usianya terlalu lawas maka kemampuannya menurun.

Kecepatan koneksi internet juga dipengaruhi oleh RAM atau memori di smartphone. Berbagai aplikasi yang berjalan di latar belakang membuat hp bisa nge-lag atau overheat sehingga pengiriman data dan jaringan internet di perangkat anda akan terhambat.

Internet yang lancar membuat aktivitas kita tidak terhambat. Dengan adanya internet tidak hanya membuat kita lebih mudah bekerja, namun penerimaan informasi pun jadi lebih cepat dan bisa dilakukan kapan saja. Kini anda sudah mengetahui apa saja penyebab internet lemot melalui pembahasan di atas.

Jadi internet lemot ini tidak selalu dikarenakan cuaca atau operator, karena bisa disebabkan usia smartphone ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *