Ketahui Apa saja Kelebihan dan Kekurangan QR Code

·

Apa saja kelebihan dan kekurangan QR Code? Sebenarnya QR Code sendiri sama dengan metode-metode pembayaran yang lainnya, namun QR Code ini mempunyai kelebihannya tersendiri. Hanya dengan menggunakan metode QR Code ini anda dapat lebih mudah untuk bertransaksi, bahkan tidak perlu mencari uang kembalian jika melakukan transaksi dengan nilai yang kecil.

QR Code telah menjadi bagian dari transaksi bagi seluruh masyarakat saat ini. Namun, taukah anda apa saja kelebihan dan kekurangan yang ada pada QR Code? Dalam pembahasan ini anda akan mengetahuinya

Kelebihan dan Kekurangan QR Code

Mari kita simak selengkapnya untuk kelebihan dan kekurangan QR Code, antara lain:

Kelebihan dari QR Code

QR Code ini mempunyai desain unik yang berguna untuk menyimpan sebagian besar data sehingga anda dapat menggunakannya hanya dengan Scan. QR Code juga telah memberikan beberapa kelebihan, yaitu sebagai berikut:

1. Lebih Praktis Dan Cepat

Penggunaan QR Code ini juga lebih cepat dari pembayaran tunai atau pembayaran menggunakan kartu. Dengan menggunakan QR Code para pengguna sudah tidak perlu lagi susah-susah mencari uang di dalam dompet atau menggesek kartu debit dan kredit.

Hanya dengan pemindaian lewat ponsel saja, anda sudah bisa bertransaksi, melihat informasi, atau masuk ke menu dari suatu web.

2. Tidak Perlu Banyak QR Code

Keuntungan juga bisa didapatkan oleh penjual atau vendor. Jika anda adalah penjual, maka sudah tidak perlu lagi memakai banyak QR Code agar dapat melayani transaksi. Dengan satu kali request saja, bisa mendapatkan satu kode unik untuk bertransaksi. Kode inilah yang harus dipasang pada meja kasir atau meja layanan.

3. Tidak Perlu Repot Mengelola Uang Tunai

QR Code dibuat untuk mengurangi ketergantungan orang-orang dari uang tunai. Adanya QR Code membuat sebagian pengguna sudah tidak perlu lagi pergi ke ATM hanya untuk mengambil uang tunai. Selain itu anda juga dapat terhindar dari resiko menjatuhkan, meninggalkan, ataupun menghilangkan uang tunai. Membawa ponsel kemana saja dan kapan saja, sudah dapat melakukan transaksi dengan begitu mudahnya.

Kekurangan Dari QR Code

Kelebihan dan kekurangan QR Code yang selanjutnya kita lihat dari sisi kekurangannya. Sama dengan metode pembayaran yang lainnya, QR Code juga memiliki kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan pada QR Code yang perlu dipertimbangkan sebelum menggunakannya.

1. Dapat Eror Atau Terjadi Masalah Teknis Lain

Karena QR Code ini bergantung pada beberapa system yang ada, maka metode pembayaran ini terkadang memiliki masalah teknis. Seperti, adanya eror pada kalimat kode dan masalah pembaruan atau perbaikan teknis pada aplikasi transaksi tersebut. Hal ini dapat menyebabkan transaksi anda menjadi gagal.

2. Belum Dapat Menjangkau Seluruh Masyarakat

Walaupun QR Code ini dibuat untuk semua masyarakat agar dapat menggunakannya, namun teknologi ini belum bisa menjangkau ke semua pihak yang ada. QR Code juga masih sulit untuk menjangkau ke masyarakat yang tinggal di daerah-daerah dengan kualitas internet atau jaringan rendah dan buruk.

3. Sulit Untuk Verifikasi Nomor Rekening

Memastikan nomor rekening yang ada pada QR Code sangatlah penting agar anda tidak mengirimkan uang atau membayarnya kepada pihak yang salah, walaupun mengecek dan melakukan verifikasi nomor rekening pada QR Code memang cukup rumit. Tapi anda juga dapat menghubungi pihak bank terkait untuk menanyakan mengenai hal ini.

4. Kode Dapat Dipalsukan Oleh Oknum Tak Bertanggung Jawab

Sebagian besar pengguna QR Code ini masih saja sering beranggapan bahwa kode ini akan selalu aman. Padahal banyak sekali oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dapat dengan mudah memalsukan kode, agar kode yang palsu dapat terlihat seperti kode resmi, sehingga uang yang ditransfer masuk ke rekening mereka. Hal ini juga dapat memberikan resiko kerugian baik bagi penjual ataupun pembeli.

5. Transaksi Dikenakan Potongan Biaya

Kekurangan yang ada pada QR Code ini hampir sama dengan transfer bank biasa, namun dengan adanya tambahan biaya lebih. Biaya ini biasanya baru akan diperlihatkan pada saat anda sudah mengkonfirmasi nominal belanjaan dan siap memberikan nomor PIN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *